BUMDes

31 Januari 2017 19:24:39 WIB

Badan Usaha Milik Desa

Pemerintah Desa dapat mendirikan BUMDes sesuai dengan kebutuhan dan potensi  Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum. Tentu pembentukannya ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan BUMDes terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, bantuan pemerintah atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Alokasi Dana Desa merupakan dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten untuk desa, yang bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa selanjutnya disingkat APBDes adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan BPD, yang ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Pemerintah Desa dalam mengembangkan Bumdes telah berusaha sekuat tenaga salah satunya mendirikan pasar desa, ruko, cucian mobil dan Badan Perkreditan Desa (BKD) yang tiap bulannya menambah kontribusi Usaha Desa, yang semata-mata dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Tasikmadu.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tasikmadu

tampilkan dalam peta lebih besar