Masalah & Isu Strategis Desa

31 Januari 2017 19:19:46 WIB

Masalah dan Isu Strategis Desa

Berdasarkan kondisi dan potensi wilayah

Desa Tasikmadu terdapat beberapa isu strategis yang terkait dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut. Besarnya potensi dan banyaknya stage holder yang terlibat dalam pengelolaan potensi sumberdaya alam yang terdapat dikawasan pesisir menyebabkan lemahnya koordinasi lintas sektor dalam perencanaan pengelolaan potensi.

Desa Tasikmadu mempunyai potensi sumberdaya alam yang sangat beragam mulai hutan, perkebunan, wisata bahari dan perikanan. Keseluruhan potensi tersebut sangat memungkinkan dikelola dan dikembangkan menjadi aktifitas ekonomi, sehingga kawasan ini sangat rentan dengan konflik kepentingan pengelolaan.

Peningkatan kualitas

sumberdaya manusia menjadi isu utama dalam pengembangan dan pengelolaan potensi desa. Rendahnya kualitas SDM tersebut erat hubungannya dengan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat baik pendidikan formal maupun non formal. Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor yaitu : kurangnya minat masyarakat pada pendidikan formal atau non formal, minimnya fasilitas penunjang pendidikan, serta kurang optimal pengelolaan potensi sumberdaya alam dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Isu adanya Infrastruktur jalan, sungai dangkal dan perlunya air bersih yang memadai.

Isu Pengembangan Ekonomi

Potensi dan pengelolaan sumberdaya alam yang belum terencana dengan baik dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan dan tidak berkelanjutan. Isu pengembangan wisata bahari, ekploitasi tambang, perkebunan, perikanan dan pertanian dikhawatirkan saling tumpang tindih dan menyebebkan konflik kepentingan antar sektor. Jika semua potensi tersebut dikelola dengan baik akan meningkatkan pendapatan dan mampu menggerakkan sektor ekonomi masyarakat.

Saat ini masyarakat Desa Tasikmadu mengalami kendala permodalan dan akses pasar dalam pengembangan ekomomi.  Berikut beberapa isu strategis pengembangan ekonomi msyarakat Desa Tasikmadu :

  1. Potensi permodalan lokal yang mendukung kegiatan yang ada di wilayah desa pesisir.
  2. Adanya akses informasi pasar untuk kepentingan pemasaran dan distribusi hasil-hasil produk perikanan.
  3. Permintaan pasar terhadap ikan basah oleh pasar lokal, regional, nasional belum terkelola dengan baik.
  4. Sistem permodalan sistim kredit perbankan dalam menunjang kegiatan perekonomian desa.
  5. Investor dari luar dan dalam negeri belum mendukung kegiatan/aktivitas di desa pesisir.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tasikmadu

tampilkan dalam peta lebih besar