Kebijakan Keuangan Desa

31 Januari 2017 19:20:52 WIB

Kebijakan Keuangan Desa

Dengan adanya Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan Pelaksanaan UU no 6 th 2014 tentang Desa, maka setiap desa berhak mengurus desanya sendiri baik dalam hal pembangunan dan perencanaan. Arah Kebijakan Keuangan Desa pun menjelaskan tentang aspek desa guna untuk mewujudkan Visi dan Misi Desa yang telah ditetapkan. Oleh karena itu penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) harus pula memperhatikan peran dan fungsi APBDes sebagai otorisasi perencanaan, pengawasan, alokasi dan distribusi efektif. Pemerintah Desa dalam pelaksanakan pembangunan dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dilihat dari sisi pendapatan terhadap kebutuhan belanja desa yang masih tertata dengan benar dan untuk tahun kedepan diupayakan akan semakin sempurna.

Kebijakan keuangan desa yang dituangkan dalam APBDes diarahkan untuk memenuhi Transparansi dan Akuntabilitas APBDes yang merupakan persyaratan utama untuk mewujudkan pemerintah yang baik, bersih dan tanggung jawab. Dan disiplin anggaran yang diarahkan untuk rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) yang disusun dengan acuan usulan masyarakat dan skala prioritas. Oleh karena itu penyusunan anggaran dilakukan berlandaskan azas efisiensi tepat waktu pelaksanaan dan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan.

Selain Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), bantuan keuangan lainnya sebenarnya desa bisa mengoptimalkan pendapatan lainnya, seperti optimalisasi Pendapatan Asli Desa (PADes) dan sumber yang sah lainnya. Untuk itu pemerintah desa harus menggunakan dana tersebut secara adil dan merata berdasarkan pertimbangan yang obyektif agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat tanpa diskriminasi dalam pemberian pelayanan. Dana yang telah ada harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan peningkatan kesejahteraan secara optimal dalam melayani masyarakat secara umum. Oleh karena itu untuk mengendalikan tingkat efisiensi dan efektifitas anggaran, maka perencanaan perlu ditetapkan secara jelas arah dan tujuan, sasaran hasil dan manfaat yang diperoleh masyarakat dari suatu kegiatan yang diprogramkan pemerintah desa.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tasikmadu

tampilkan dalam peta lebih besar