Ada yang spesial dalam acara Rapat Anggota Tahun KSPP Madani tahun ini. Selain dilangsungkannya RAT sebagai laporan pertanggungjawaban bagi Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2020, serta Rencana Kerja Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahun 2021, pada hari Selasa, (06/04/2021) juga meresmikan Gedung Pusat KSPP Madani Syariah Jawa Timur.
Koperasi Madani merupakan salah satu koperasi yang berkembang dan maju di Desa Tasikmadu. Diawali dengan pemotongan pita dan pelepasan burung merpati, secara resmi Gedung Pusat KSPP Madani Syariah Jawa Timur diresmikan oleh Bupati Trenggalek serta ditandai dengan penandatanganan di papan batu prasasti.
Acara tersebut sangat meriah meski di tengah pandemi. Acara tersebut menerapkan protokol kesehatan, yang di antaranya memakai masker, mencuci tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak bahkan turut dijaga oleh petugas atau pegawai Madani sendiri dan bekerja sama dengan Satgas Desa.
Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin. Kepala Desa Tasikmadu, Wignyo Handoyo turut mendampingi bersama Camat Watulimo, Edi Santoso dan Forkopimcam serta tamu undangan yang lain.
Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin mengatakan pemanfaatan teknologi atau digitalisasi menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha termasuk lembaga koperasi. Hal ini penting dilakukan oleh lembaga koperasi mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.
Apalagi pertumbuhan KSPP Madani saat ini menjadi role model koperasi di Jawa Timur. Oleh karena itu perlu diiringi dengan layanan koperasi yang berbasis digital. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, digitalisasi sistem maupun aplikasi yang lain sangatlah penting.
"Kalau sudah bisa e-RAT sudah tidak perlu undang dalam jumlah banyak. Cukup menggelar Rapat Anggota Tahunan secara virtual. Digitalisasi merupakan suatu keharusan untuk mengembangkan sayap usaha bagi sebuah koperasi. Apalagi seperti masa pandemi sekarang ini, ujar suami Novita Hardini.
Semoga kedepannya koperasi Madani mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik kepada para nasabah di mana mampu transaksi secara eletronik maupun membuka cakupan usaha lain, atau membuat kerja sama dengan koperasi lain yang mana mampu memanfaatkan platform digital.